Tentang Saya

For English and professional version, please visit an alternate webpage here

Nama saya Gede Manggala, suami seorang istri dan bapak dua anak. This role for me is the most important job in the world ;)

Saat ini saya bekerja sebagai praktisi dan konsultan process improvement berafiliasi dengan Variance Reduction International (VRI) Inc., sebuah firma konsultan yang bermarkas di Houston. Perjalanan karir dan interaksi dengan berbagai orang dan organisasi yang sukses (dan yang belum sukses) memberi saya inspirasi untuk selalu belajar dan mencari metode yang sistematis dan sederhana dalam pemecahan masalah. Dalam pencarian ini termasuk juga untuk mencari partner dan komunitas yang mempunyai passion yang sama.

Dalam perjalanan karir sebelumnya saya pernah bekerja sebagai operation engineer, Lean Six Sigma Specialist di Caltex dan Lean Six Sigma Master Black Belt, CRM Manager serta Marketing VP di GE.  Saya lulusan Teknik Mesin ITB (Bandung) dan program MBA dari Duquesne University (Pittsburgh) atas bantuan Beasiswa Fulbright. Jika disimpulkan, seluruh perjalanan hidup ini mengajarkan saya untuk tidak melihat dunia dan permasalahannya dari satu dimensi. Belajar dari pengalaman, saya selalu melihat bahwa hampir semua persoalan selalu multidimensi dan perlu kolaborasi untuk mencari solusinya.

Gede post it

(pic by Sonny Harsono)

Kita perlu melihat suatu masalah sebagai bagian dari sistem. Dan untuk mencari solusi yang tuntas selalu perlu kolaborasi yang intens, atau dalam kata-kata Steve Jobs: deep collaboration. Menurut saya sangat penting agar orang teknik, orang marketing, orang kreatif, orang politik, orang seni , aktifis, pemerintah dan pengusaha selalu bekerja sama mendesain solusi dari berbagai masalah yang ada.

Dan saya berpendapat, pemerintah hanya salah satu komponen saja, jadi kita tidak perlu menunggu atau pasif tergantung inisiatif pemerintah. Ide dan solusi bisa kita mulai dari level individu.  Jika kita melihat ada permasalahan, orang yang perlu bergerak dan bertanggung jawab adalah sosok yang kita lihat di depan cermin: “saya”, “kita”.

Prinsip hidup saya dipengaruhi oleh pemikiran W. Edwards Deming yang ia sebut sebagai  system of profound knowledge.  Oleh karenanya, saya berkeinginan untuk ikut terlibat dalam  mewujudkan knowledge-based-society yaitu masyarakat yang aktif mencari solusi terhadap masalah sekitarnya berdasarkan metode dan pengetahuan yang terstruktur. Selain itu saya sangat tertarik dengan praktek yang menggunakan prinsip visualisasi dan simplicity didalam problem solving dan solution design.

Keinginan terbesar dari blog, buku, dan seluruh channel social media saya adalah terhubung dengan berbagai orang dari berbagai latar belakang dalam mewujukan tujuan diatas.

2011-08-19 18.17.59 @gedemanggala

gede.manggala@gmail.com

ps. saya adalah fans berat semua makanan enak dan band Pearl Jam