SOP-it!

TELAH TERBIT 19 November 2015!!!

Order melalui email diandra.pembelian@gmail.com 

atau kunjungi toko buku terdekat di kota anda!

Kunjungi Facebook Page SOP-it.

SOP-it! COVER teks Merah

“Karena sebaik-baiknya SOP, adalah yang dimengerti dan dilakukan”

#SOPit #Simplicity101

Dalam banyak analisa proses bisnis yang tidak berjalan baik atau root cause analysis (RCA) saat ada kecelakaan, kita sering bertemu dengan akar masalah yang cukup terkenal ini:

SOP tidak dilaksanakan atau Tidak ada SOP

Dalam sejarah kelahirannya, SOP merupakan sebuah cara untuk membuat karyawan melakukan pekerjaan dengan mudah dan aman.

Sekarang, dokumen yang bernama SOP lebih dipandang sebagai formalitas saja. Bagi karyawan, malah seringkali dianggap sebagai beban yang merepotkan.

 Adakah cara yang lebih baik dalam membuat SOP agar mudah dimengerti?

 Bisakah SOP kita gunakan untuk memudahkan karyawan bekerja?

 Bisakah kita menggunakan SOP untuk benar-benar meningkatkan kinerja perusahaan?”

Bisa!

Di masa lalu, dalam Perang Dunia II, negara Amerika Serikat (AS) menggunakan strategi yang sangat cerdas untuk membuat standar dan prosedur dalam mendukung negara itu memenangkan perang dan menjadi negara superpower selama lebih dari setengah abad. Perusahaan-perusahaan Jepang, belajar dari AS, akhirnya juga menjadi raksasa-raksasa bisnis dengan menjadikan standarisasi proses  sebagai kunci memenangkan kompetisi.

Dalam abad ini, perusahaan-perusahaan seperti Apple atau IKEA  membuat standar prosedur yang memudahkan. Pertama kali saya membeli iPad, saya kebingungan mencari manual di boks-nya, dan baru menyadari bahwa tablet itu memberikan manual dalam bentuk digital dimana sejak tahap disain, semua “proses” dan tombol dibuat sesederhana mungkin untuk penggunanya.  Perusahaan furniture IKEA, membuat “manual” berbelanja yang sangat mudah dimengerti dan juga enak dipandang. Sebuah perkembangan yang menarik!

SOP, jika digunakan dengan baik, bisa menjadi competitive advantage perusahaan anda. Dengan buku yang dibuat sangat simpel ini, saya ingin mengajak anda untuk ikut mengembalikan SOP sebagai cara untuk membuat perkerjaan lebih mudah dengan kualitas yang baik. Standar proses harus bisa membawa perusahaan anda memenangkan kompetisi dan menjadikan perusahaan anda organisasi yang makin pintar, a learning organization.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>